HASIL SELEKSI CALON MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) UNIVERSITAS SEBELAS MARET TAHUN 2019

Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2019 dapat dilihat di laman https://spmb.uns.ac.id/site/pengumuman. Pimpinan beserta seluruh Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret mengucapkan selamat bagi yang Lulus Seleksi sebagai calon mahasiswa baru program sarjana Universitas Sebelas Maret tahun akademik 2019/2020.
Selanjutnya calon mahasiswa baru diharuskan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengisi Biodata Calon Mahasiswa tanggal 23 s/d 27 Maret 2019 s/d pukul 14.00 WIB

    Mengisi biodata (mengacu pada data yang telah Saudara isikan pada saat pendaftaran PMDK Program Diploma) dan mengunggah file pendukung melalui laman http://spmb.uns.ac.id/biodata dengan menggunakan Nomor Pendaftaran PMDK Diploma 2019 dan tanggal lahir.

  2. Pengumuman Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) tanggal 28 Maret 2019 pukul 14.00 WIB
    1. Besaran UKT untuk masing-masing calon mahasiswa baru akan diumumkan melalui laman http://spmb.uns.ac.id/ukt.
  3. Pembayaran UKT dan Registrasi Online tanggal 29 Maret s/d 9 April 2019 (bagi yang tidak mengusulkan perubahan UKT)
    1. Pembayaran UKT bisa dilakukan di Bank BNI / Bank BTN / Bank Mandiri (pilih salah satu) di kantor cabang terdekat dengan menunjukkan Nomor Pendaftaran PMDK UNS yang tertulis di Kartu Tanda Peserta PMDK Saudara, slip bukti pembayaran selanjutnya diserahkan pada saat registrasi.
    2. Mengisi formulir registrasi melalui internet dengan alamat: http://siakad.uns.ac.id klik “Login” kemudian masukkan nomor pendaftaran dan PIN yang tertera pada kuitansi pembayaran Bank, kemudian cetak (print out) form isian hasil registrasi online yang telah diisi lengkap.
  4. Bagi Warga Kurang Mampu / Peserta Bidikmisi yang Mengusulkan Perubahan Besaran UKT
    1. Pengajuan usulan perubahan UKT bagi Warga Kurang Mampu / peserta Bidikmisi tanggal 29 Maret s/d 3 April 2019 s/d pukul 14.00 WIB
      Bagi warga Kurang Mampu / peserta bidikmisi yang mengusulkan perubahan UKT harus mengisi aplikasi dan memenuhi persyaratan seperti tercantum pada laman http://spmb.uns.ac.id/perubahanukt
    2. Pelaksanaan wawancara bagi yang mengusulkan perubahan UKT seperti tertera pada poin 1
      Wawancara dilaksanakan pada tanggal 10 April 2019 dengan membawa bukti-bukti pendukung yang sudah diunggah. Jadwal dan tempat wawancara akan diinformasikan kemudian di laman http://spmb.uns.ac.id/perubahanukt.
    3. Penetapan UKT hasil perubahan UKT bagi warga Kurang Mampu / peserta bidikmisi diumumkan setelah pelaksanaan wawancara perubahan UKT melalui laman http://spmb.uns.ac.id/hasilperubahan.
    4. Pembayaran UKT hasil perubahan dan Registrasi online bagi warga Kurang Mampu / peserta bidikmisi dijadwalkan setelah pengumuman UKT hasil perubahan.
  5. Pemeriksaan Dokumen (Registrasi On-desk)
    Saudara wajib hadir dan tidak boleh diwakilkan, pada:
    Hari/Tanggal : Senin / 20 Mei 2019
    Pukul : 08.00 WIB
    Tempat : Kampus Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami No. 36 A Kentingan Surakarta, dengan lokasi Pembagian tempat ondesk untuk masing-masing Fakultas akan diumumkan pada tanggal 17 Mei 2019 melalui http://spmb.uns.ac.iddengan menunjukkan :

    1. Rapor asli
    2. Sertifikat/piagam asli bagi yang mengikuti seleksi PMDK melalui jalur prestasi khusus dan PORSENI/li>
    3. Ijasah/Surat Keterangan Lulus (SKL) asli dan

    menyerahkan :

      1. Copy SKL dan Rapor yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
      2. Copy Sertifikat/piagam bagi yang mengikuti seleksi PMDK melaui jalur prestasi khusus dan PORSENI yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
      3. Kartu Tanda Peserta PMDK 2019
      4. Copy Bukti Pembayaran UKT rangkap 2 (dua)
      5. Pas Foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 1 (satu) lembar (foto sama dengan yang tertempel pada ijazah/SKL)
      6. Print out hasil registrasi online
      7. Surat hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter sesuai dengan yang diunggah pada waktu pengisian biodata
      8. Surat pernyataan kesanggupan membayar sesuai dengan UKT yang ditetapkan oleh UNS. Form surat pernyataan dapat diunduh setelah login di http://spmb.uns.ac.id/ukt
      9. Surat Pernyataan penghasilan orang tua bermeterai (formulir dapat diunduh setelah login pada laman http://www.spmb.uns.ac.id/biodata) dilampiri dengan bukti pendukung sesuai ketentuan yang berlaku, untuk:
        1. a. PNS/TNI/POLRI/Pegawai Swasta: Surat Keterangan Penghasilan dari Instansi
        2. b. Petani/Wiraswasta/Pekerja Informal: Surat Keterangan Penghasilan dari Kepala Desa/Lurah.

    Semua berkas tersebut di atas (angka 1 s/d 9) dimasukkan dalam stofmap warna merah untuk kelompok IPA dan warna biru untuk kelompok IPS.

  6. Sanksi
    1. Apabila pada tanggal dan jam yang telah ditentukan pada huruf E di atas Saudara tidak hadir dan tidak dapat menyerahkan persyaratan yang telah ditentukan dengan alasan apapun maka hak Saudara untuk menjadi mahasiswa Program Diploma Universitas Sebelas Maret melalui jalur PMDK dinyatakan gugur, dan UKT yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali.
    2. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima tetapi ternyata tidak lulus Satuan Pendidikan, hak sebagai calon mahasiswa Diploma UNS dinyatakan gugur/batal dan UKT yang sudah dibayarkan dapat ditarik kembali.
  7. Lain-Lain
    1. Apabila calon mahasiswa telah diterima pada salah satu program studi di UNS kemudian mengundurkan diri, maka UKT yang telah dibayarkan ke UNS tidak dapat ditarik kembali, kecuali karena diterima di program lain di lingkungan UNS, dana tersebut dapat diperhitungkan.
    2. Informasi tentang registrasi lebih lanjut dapat di buka di laman https://akademik.uns.ac.id.

Panduan alur registrasi bisa diunduh Di sini

Scroll to Top