TENTANG HASIL SELEKSI CALON MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN UNIVERSITAS SEBELAS MARET TAHUN 2019

Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2019 dapat dilihat di laman https://spmb.uns.ac.id/site/pengumuman. Pimpinan beserta seluruh Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret mengucapkan selamat bagi yang Lulus Seleksi sebagai calon mahasiswa baru program sarjana Universitas Sebelas Maret tahun akademik 2019/2020.
Selanjutnya calon mahasiswa baru diharuskan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengisi Biodata Calon Mahasiswa tanggal 23 s/d 27 Maret 2019 pukul 14.00 WIBCalon mahasiswa baru diharuskan mengisi biodata (mengacu pada data yang telah Saudara isikan pada saat pendaftaran SNMPTN) dan mengunggah file pendukung melalui laman http://spmb.uns.ac.id/biodata dengan menggunakan nomor pendaftaran SNMPTN 2019 dan tanggal lahir.
  2. Pengumuman Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) tanggal 28 Maret 2019 pukul 14.00 WIB
      1. Besaran UKT untuk masing-masing calon mahasiswa baru akan diumumkan melalui laman http://spmb.uns.ac.id/ukt.
      2. Khusus bagi calon penerima Beasiswa Bidikmisi diharuskan mengisi dan mengunggah file Surat Pernyataan Bersedia Diverifikasi Data Bidikmisi melalui laman http://spmb.uns.ac.id/biodata kemudian melakukan pembayaran UKT terlebih dahulu sesuai jadwal pembayaran pada poin C.

    q

  3. Pembayaran UKT dan Registrasi Online tanggal 29 Maret s/d 9 April 2019 (bagi yang tidak mengusulkan perubahan UKT)
    1. Pembayaran UKT bisa dilakukan di Bank BNI / Bank BTN / Bank Mandiri (pilih salah satu). Pembayaran di luar tanggal tersebut tidak dapat dilayani. Slip bukti pembayaran selanjutnya diserahkan pada saat registrasi.
    2. Mengisi formulir registrasi melalui internet dengan alamat: http://siakad.uns.ac.id klik “Login” kemudian masukkan nomor pendaftaran dan PIN yang tertera pada kuitansi pembayaran Bank, kemudian cetak (print out) form isian hasil registrasi online yang telah diisi lengkap.
  4. Bagi Warga Kurang Mampu / Peserta Bidikmisi yang Mengusulkan Perubahan Besaran UKT
    1. Pengajuan usulan perubahan UKT bagi Warga Kurang Mampu / peserta Bidikmisi tanggal 29 Maret s/d 3 April 2019 pukul 14.00 WIB

      Bagi warga kurang mampu / peserta bidikmisi yang mengusulkan perubahan UKT harus mengisi aplikasi dan memenuhi persyaratan seperti tercantum pada laman http://spmb.uns.ac.id/perubahanukt
    2. Pelaksanaan wawancara bagi yang mengusulkan perubahan UKT seperti tertera pada poin 1
      Wawancara dilaksanakan pada tanggal 10 April 2019 dengan membawa bukti-bukti pendukung yang sudah diunggah. Jadwal dan tempat wawancara akan diinformasikan kemudian di laman http://spmb.uns.ac.id/perubahanukt.
    3. Penetapan UKT hasil perubahan UKT bagi warga Kurang Mampu / peserta bidikmisi diumumkan setelah pelaksanaan wawancara perubahan UKT melalui laman http://spmb.uns.ac.id/hasilperubahan.
    4. Pembayaran UKT hasil perubahan dan Registrasi online bagi warga Kurang Mampu / peserta bidikmisi dijadwalkan setelah pengumuman UKT hasil perubahan.
  5. Pemeriksaan Dokumen (Registrasi On-desk)
    Saudara wajib hadir dan tidak boleh diwakilkan, pada:
    Hari/Tanggal : Senin/ 20 Mei 2019
    Pukul : 08.00 WIB
    Tempat : Kampus Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami No. 36 A Kentingan Surakarta.
    Pembagian tempat on-desk untuk masing-masing Fakultas akan diumumkan pada tanggal 17 Mei2019 melalui http://spmb.uns.ac.id.dengan menunjukkan :

    1. Rapor asli;
    2. Sertifikat/piagam asli bagi yang mengunggah dokumen tersebut saat pendaftaran SNMPTN;
    3. Ijasah/Surat Keterangan Lulus (SKL) asli; dan

    menyerahkan :

      1. Kartu Tanda Peserta SNMPTN tahun 2019;
      2. Copy buku Rapor yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah;
      3. Copy Sertifikat Akreditasi Sekolah yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah;
      4. Copy Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sudah dilegalisasi Kepala Sekolah;
      5. Copy Sertifikat/piagam asli bagi yang memiliki dan telah dilegalisasi;
      6. Copy bukti pembayaran UKT dari Bank rangkap 2 (dua);
      7. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm = 1 lembar;
      8. Copy identitas (KTP/SIM/KK/Paspor) 1 lembar;
      9. Printout hasil registrasi melalui internet yang telah diisi lengkap;
      10. Surat hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter sesuai dengan yang diunggah pada waktu pengisian biodata;
      11. Surat pernyataan kesanggupan membayar sesuai dengan UKT yang ditetapkan oleh UNS. Form surat pernyataan dapat diunduh setelah login di http://spmb.uns.ac.id/ukt;
      12. Surat pernyataan kebenaran biodata yang dibubuhi materai
      13. Surat keterangan penghasilan orang tua sesuai ketentuan (PNS / TNI / POLRI / Pegawai Swasta: Surat Keterangan dari Instansi); (Petani / Wiraswasta / Pekerja Informal : Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah);
      14. Khusus bagi calon penerima Beasiswa Bidikmisi, wajib menyerahkan Print out hasil pendaftaran Bidikmisi di http://bidikmisi.dikti.go.id dengan dilampiri:
      15. Copy Kartu Keluarga;
      16. Bukti Pembayaran Rekening Listrik bulan terakhir;
      17. Foto rumah tampak depan dan bukti Pembayaran PBB rumah orang tua/walinya;

    Semua berkas tersebut di atas (angka 1 s/d 13) dimasukkan dalam stofmap: warna merah untuk kelompok Saintek dan warna biru untuk kelompok Soshum. Untuk calon penerima Beasiswa Bidikmisi (angka 14) dimasukkan tersendiri dalam stofmap warna kuning dan diserahkan di Bagian Kemahasiswaan UNS (di gedung Student Center UNS).

  6. Sanksi
    Calon mahasiswa akan dibatalkan haknya sebagai mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret, apabila ternyata :

    1. Tidak memenuhi persyaratan registrasi sebagaimana telah ditetapkan di atas;
    2. Memberikan keterangan yang tidak benar;
    3. Keterlambatan registrasi dari jadwal yang telah ditetapkan.
  7. Lain-Lain
    1. Calon mahasiswa yang telah diterima pada salah satu program studi di UNS kemudian mengundurkan diri, maka semua biaya yang telah dibayarkan ke UNS tidak dapat ditarik kembali, kecuali karena diterima di program studi lain di lingkungan UNS dana tersebut dapat diperhitungkan;
    2. Bagi calon mahasiswa yang menyertakan sertifikat Hafidz Qur’an saat pendaftaran SNMPTN wajib mengikuti uji hafalan pada tanggal 20 Mei 2019 bertempat di Masjid Nurul Huda UNS. Apabila calon mahasiswa tersebut tidak hadir mengikuti uji hafalan atau tidak memiliki kemampuan sesuai dengan sertifikat yang dilampirkan, maka akan dilakukan pemindahan ke prodi lain / dibatalkan status kelulusannya. Daftar mahasiswa yang menyertakan sertifikat Hafidz Qur’an bisa dilihat pada laman http://spmb.uns.ac.id.
    3. Informasi tentang registrasi lebih lanjut dapat di buka di laman https://akademik.uns.ac.id.

Panduan alur registrasi bisa diunduh TENTANG SNMPTN UNS

Scroll to Top