HASIL SELEKSI CALON MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN UNIVERSITAS SEBELAS MARET TAHUN 2020

Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2020 dapat dilihat di laman https://spmb.uns.ac.id/site/pengumuman. Pimpinan beserta seluruh Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret mengucapkan selamat bagi yang Lulus Seleksi sebagai calon mahasiswa baru Program Sarjana Universitas Sebelas Maret tahun akademik 2020/2021.

Selanjutnya calon mahasiswa baru diharuskan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengisi Biodata Calon MahasiswaMulai tanggal 9 s/d 14 April 2020 sampai dengan pukul 16.00 WIB. 
    Calon mahasiswa baru diharuskan mengisi biodata (mengacu pada data yang telah Saudara isikan pada saat pendaftaran SNMPTN) dan mengunggah file pendukung melalui laman https://spmb.uns.ac.id/biodata dengan menggunakan nomor pendaftaran SNMPTN 2020 dan tanggal lahir.
  2. Pengumuman Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) tanggal 15 April 2020 pukul 16.00 WIB
    1. Besaran UKT untuk masing-masing calon mahasiswa baru akan diumumkan melalui laman https://spmb.uns.ac.id/ukt.
    2. Khusus bagi calon penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) diharuskan mengisi dan mengunggah file Surat Pernyataan Bersedia Diverifikasi Data KIP-K melalui laman https://spmb.uns.ac.id/biodata kemudian melakukan pembayaran UKT terlebih dahulu sesuai jadwal pembayaran pada poin C.
  3. Pembayaran UKT dan Registrasi Online tanggal 16 s/d 30 April 2020 (bagi yang tidak mengusulkan perubahan UKT)
    1. Pembayaran UKT bisa dilakukan di Bank BNI / Bank BTN / Bank Mandiri / Bank Jateng (pilih salah satu). Pembayaran di luar tanggal tersebut tidak dapat dilayani.
    2. Mengisi formulir registrasi melalui internet dengan alamat: https://siakad.uns.ac.id klik “Login” kemudian pilih “Registrasi Maru” kemudian masukkan nomor pendaftaran dan PIN yang tertera pada kuitansi pembayaran Bank, kemudian cetak (print out) form isian registrasi online yang telah diisi lengkap.
  4. Mahasiswa Kurang Mampu / Peserta KIP-K yang Mengusulkan Perubahan UKT :
        1. Usulan perubahan UKT bagi mahasiswa kurang mampu / peserta KIP-K dapat diajukan mulai tanggal 15 s/d 18 April 2020 sampai dengan pukul 16.00 WIB
          Usulan perubahan UKT dilakukan dengan mengisi aplikasi dan memenuhi persyaratan seperti tercantum pada laman https://spmb.uns.ac.id/perubahanukt. Semua berkas perubahan UKT dimasukkan dalam amplop coklat dan dituliskan pada sampul belakang kanan atas informasi Nomor SNMPTN, Nama, Program Studi dan Nomor Hp dengan spidol warna merah kemudian dikirimkan melalui jasa pengiriman paling lambat tanggal 18 April 2020 (Cap Pos) ke alamat:
      1. Penetapan UKT Perubahan bagi mahasiswa kurang mampu / peserta KIP-K diumumkan pada tanggal 25 April 2020 di laman https://spmb.uns.ac.id/hasilperubahan.
      2. Pembayaran UKT Perubahan dan Registrasi online dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 30 April 2020, sesuai dengan mekanisme pada poin C.
  5. Pengiriman Dokumen Registrasi
    Pengiriman dokumen registrasi dilakukan secara online setelah mahasiswa melakukan registrasi online yang tertera pada poin C.2 dengan mengunggah dokumen registrasi di laman https://siakad.uns.ac.id pada menu ondesk. Berkas yang diunggah dan dikirim terdiri dari :
    1. Print Kartu Tanda Peserta SNMPTN tahun 2020;
    2. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm = 1 lembar;
    3. Copy buku Rapor yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah;
    4. Copy Sertifikat Akreditasi Sekolah yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah;
    5. Copy Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sudah dilegalisasi Kepala Sekolah;
    6. Copy Sertifikat/piagam bagi yang memiliki dan telah dilegalisasi;
    7. Copy bukti pembayaran UKT dari Bank rangkap 2 (dua);
    8. Copy identitas (KTP/SIM/KK/Paspor) 1 lembar;
    9. Surat keterangan pemeriksaan kesehatan dari dokter sesuai dengan yang diunggah pada waktu pengisian biodata;
    10. Surat pernyataan kesanggupan membayar sesuai dengan UKT yang ditetapkan oleh UNS. Form surat pernyataan dapat diunduh setelah login di https://spmb.uns.ac.id/ukt;
    11. Surat keterangan penghasilan orang tua sesuai ketentuan (PNS / TNI / POLRI / Pegawai Swasta: Surat Keterangan dari Instansi); (Petani / Wiraswasta / Pekerja Informal : Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah);Semua berkas tersebut di atas (angka 1 s/d 11) diunggah ke aplikasi selambat-lambatnya pada tanggal 10 Mei 2020. Berkas yang sudah diunggah dimasukkan dalam amplop coklat dan dituliskan pada sampul belakang kanan atas informasi Nomor SNMPTN, Nama, Program Studi dan Nomor Hp dengan spidol warna merah kemudian dikirim melalui jasa pengiriman paling lambat tanggal 10 Mei 2020 (Cap Pos) kepada Sub Bagian Akademik Fakultas dengan alamat :Kepada : Kepala Sub Bagian Akademik
    Fakultas ……(diisi dengan nama Fakultas masing-masing)
    Universitas Sebelas Maret
    Jl. Ir. Sutami No. 36 A Surakarta, Jawa Tengah 57126Khusus Fakultas Keolahragaan dikirimkan ke alamat berikut :
    Kepada : Kepala Sub Bagian Akademik
    Fakultas Keolahragaan
    Universitas Sebelas Maret
    Jl. Menteri Supeno No. 13 Manahan, Surakarta, Jawa Tengah 57139
  6. Sanksi
    Calon mahasiswa akan dibatalkan haknya sebagai mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret, apabila ternyata :
    1. Tidak memenuhi persyaratan registrasi sebagaimana telah ditetapkan di atas;
    2. Memberikan keterangan yang tidak benar;
    3. Keterlambatan registrasi dari jadwal yang telah ditetapkan.
  7. Lain-Lain
    1. Calon mahasiswa yang telah diterima pada salah satu program studi di UNS kemudian mengundurkan diri, maka semua biaya yang telah dibayarkan ke UNS tidak dapat ditarik kembali, kecuali karena diterima di program studi lain di lingkungan UNS dana tersebut dapat diperhitungkan;
    2. Bagi calon mahasiswa yang menyertakan sertifikat Hafidz Qur’an saat pendaftaran SNMPTN wajib mengikuti uji hafalan pada tanggal 10 Mei 2020 dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting melalui gadget masing-masing. Jadwal detail akan diinformasikan kemudian. Apabila calon mahasiswa tersebut tidak mengikuti kegiatan uji hafalan atau tidak memiliki kemampuan sesuai dengan sertifikat yang dilampirkan, maka akan dilakukan pemindahan ke prodi lain / dibatalkan status kelulusannya. Daftar mahasiswa yang menyertakan sertifikat Hafidz Qur’an bisa dilihat pada laman https://spmb.uns.ac.id.
    3. Informasi tentang registrasi lebih lanjut dapat di buka di laman https://akademik.uns.ac.id.
Scroll to Top