Pengumuman hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Diploma Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2020 dapat dilihat di laman https://spmb.uns.ac.id/site/pengumuman. Pimpinan beserta seluruh Sivitas Akademika Universitas Sebelas Maret mengucapkan selamat bagi yang lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru Program Diploma Universitas Sebelas Maret tahun akademik 2020/2021.

Selanjutnya calon mahasiswa baru harus melakukan langkah-langkah sesuai jadwal berikut:

    1. 11 – 16 April 2020 (pukul 1600 WIB): Mengisi Biodata Calon Mahasiswa
      Calon mahasiswa baru harus mengisi biodata (mengacu pada data yang telah diisikan pada saat pendaftaran PMDK) dan mengunggah file pendukung melalui laman https://spmb.uns.ac.id/biodata dengan menggunakan nomor pendaftaran PMDK 2020 dan tanggal lahir.
    2. 17 April 2020 pukul 16.00 WIB: Pengumuman Uang Kuliah Tunggal ( UKT )
      Universitas Sebelas Maret akan mengumumkan besaran UKT untuk masing-masing calon mahasiswa baru melalui laman https://spmb.uns.ac.id/ukt. Jika merasa besaran UKT yang ditetapkan terlalu tinggi, calon mahasiswa dapat mengajukan permohonan perubahan UKT sesuai jadwal yang ditentukan.
    3. 20 – 30 April 2020: Pembayaran UKT dan Registrasi Online (bagi yang tidak mengusulkan perubahan UKT)
      1. Calon mahasiswa dapat membayar UKT melalui teller Bank BNI atau Bank BTN atau Bank Mandiri atau Bank Jateng (pilih salah satu) di kantor cabang terdekat dengan menunjukkan Nomor Pendaftaran PMDK UNS yang tertulis di Kartu Tanda Peserta PMDK Saudara. Pembayaran di luar tanggal tersebut tidak dapat dilayani, dan calon mahasiswa dianggap mengundurkan diri dari proses seleksi calon mahasiswa baru jalur PMDK.
      2. Setelah melakukan pembayaran, calon mahasiswa harus mengisi formulir registrasi melalui https://siakad.uns.ac.id. Klik “Login”, kemudian pilih “Registrasi Maru” kemudian masukkan nomor pendaftaran dan PIN yang tertera pada kuitansi pembayaran dari Bank, kemudian cetak (print out) form isian registrasi online yang telah diisi lengkap.
    4. 17 – 21 April 2020 sampai dengan pukul 16.00 WIB: Permohonan Perubahan UKT
      Calon mahasiswa dapat mengajukan permohonan perubahan UKT dengan mengisi aplikasi dan memenuhi persyaratan seperti tercantum pada laman https://spmb.uns.ac.id/perubahanukt.
      Masukkan semua berkas perubahan UKT ke dalam amplop coklat. Pada sampul belakang kanan atas, tuliskan informasi nomor pendaftaran PMDK, nama, program studi dan nomor HP dengan spidol warna merah, kemudian kirimkan melalui jasa pengiriman paling lambat tanggal 21 April 2020 (Cap Pos) ke alamat:
    5. 25 April 2020: Penetapan UKT Perubahan
      Calon mahasiswa pemohon perubahan UKT dapat melihat penetapan UKT Perubahan pada di laman https://spmb.uns.ac.id/hasilperubahan. Selanjutnya calon mahasiswa melakukan pembayaran UKT selambat-lambatnya tanggal 30 April 2020 dan melakukan proses registrasi sebagaimana dijelaskan pada Bagian C.2 dan C.3 di atas.
    6. 1 – 15 Mei 2020: Registrasi Ondesk melalui https://siakad.uns.ac.id
      Setelah melakukan registrasi online, calon mahasiswa harus mengunggah dan mengirimkan dokumen registrasi melalui laman https://siakad.uns.ac.id pada menu ondesk. Berkas yang diunggah dan dikirim terdiri dari :
      1. Print Kartu Tanda Peserta PMDK tahun 2020;
      2. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm = 1 lembar;
      3. Copy buku rapor yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah;
      4. Copy Sertifikat Akreditasi Sekolah yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah;
      5. Copy Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sudah dilegalisasi Kepala Sekolah;
      6. Copy Sertifikat/piagam bagi yang memiliki dan telah dilegalisasi;
      7. Copy bukti pembayaran UKT dari Bank rangkap 2 (dua);
      8. Copy identitas (KTP/SIM/KK/Paspor) 1 lembar;
      9. Surat keterangan pemeriksaan kesehatan dari dokter sesuai dengan yang diunggah pada waktu pengisian biodata;
      10. Surat pernyataan kesanggupan membayar sesuai dengan UKT yang ditetapkan oleh UNS. Form surat pernyataan dapat diunduh setelah login di https://spmb.uns.ac.id/ukt;
      11. Surat keterangan penghasilan orang tua sesuai ketentuan (PNS / TNI / POLRI / Pegawai Swasta: Surat Keterangan dari Instansi); (Petani / Wiraswasta / Pekerja Informal : Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah);
      12. Membuat laporan sosialisasi pencegahan Covid-19 dengan media online atau offline sesuai format yang ada dalam https://siakad.uns.ac.id. Materi sosialisasi dapat diunduh di laman https://spmb.uns.ac.id/
      Semua berkas tersebut di atas (angka 1 s/d 11) dimasukkan dalam amplop coklat. Pada sampul belakang kanan atas, tuliskan informasi nomor pendaftaran PMDK, nama, program studi dan nomor HP dengan spidol warna merah, kemudian kirimkan melalui jasa pengiriman paling lambat tanggal 15 Mei 2020 (Cap Pos) ke alamat:
    7. Sanksi
      Calon mahasiswa akan dibatalkan haknya sebagai mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret, apabila ternyata:
      1. Tidak memenuhi persyaratan registrasi sebagaimana telah ditetapkan di atas;
      2. Memberikan keterangan yang tidak benar;
      3. Terlambat melakukan registrasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
    8. Lain-Lain
      1. Calon mahasiswa yang menyertakan sertifikat Hafidz Qur’an saat pendaftaran SNMPTN wajib mengikuti uji hafalan pada tanggal 10 Mei 2020 dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting melalui gadget masing-masing. Jadwal detail akan diinformasikan kemudian. Apabila calon mahasiswa tersebut tidak mengikuti kegiatan uji hafalan atau tidak memiliki kemampuan sesuai dengan sertifikat yang dilampirkan, maka akan dilakukan pemindahan ke prodi lain / dibatalkan status kelulusannya. Daftar mahasiswa yang menyertakan sertifikat Hafidz Qur’an bisa dilihat pada laman https://spmb.uns.ac.id.
      2. Jika calon mahasiswa mengundurkan diri setelah melakukan pembayaran UKT dan registrasi, semua biaya yang telah dibayarkan ke UNS tidak dapat ditarik kembali, dan dapat diperhitungkan hanya jika calon mahasiswa tersebut diterima di program studi lain di lingkungan UNS.
      3. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi SPMB tetapi ternyata tidak lulus Satuan Pendidikan, haknya sebagai calon mahasiswa Diploma UNS dinyatakan gugur/batal dan UKT yang sudah dibayarkan dapat ditarik kembali
      4. Informasi tentang registrasi lebih lanjut dapat di buka di laman https://akademik.uns.ac.id.