FAQs Akademik

Bagaimana cara melihat PIN siakad

  1. Silahkan Login Ke Siakad dengan akun SSO kemudian klik menu BIODATA
  2. Langkah Pertama

  3. Langkah Kedua

  4. Langkah Ketiga

Bagaimana cara pengajuan Keringanan Reguler
Keringanan Reguler

  1. Langkah Pertama
  2. TM1

  3. Langkah Kedua
  4. TM2

  5. Langkah Ketiga
  6. TM3

  7. Keringanan yang sudah diajukan dapat dipantau di halaman ajuan keringanan. Halaman untuk memantau ajuan dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

TM4
Bagaimana cara pengajuan Keringanan Prestasi

Keringanan Prestasi

    1. Fitur ini dapat diakses melalui navigasi menu Pengajuan→Keringanan→Keringanan Prestasi
      KP1
    2. Kemudian akan ditampilkan biodata mahasiswa dan daftar keringanan UKT yang pernah diajukan. Klik tombol Ajukan Keringanan.KP2
    3. Pilih prestasi yang akan digunakan sebagai acuan untuk mendapatkan keringanan UKT dengan memilih prestasi yang sudah diinputkan di aplikasi SIPSMART yang dapat diakses di https://sipsmart.uns.ac.id data yang dapat diajukan sebagai keringanan prestasi adalah data kegiatan yang berupa prestasi dan sudah divalidasi oleh bagian kemahasiswaan. Upload surat ajuan sesuai ketentuan kemudian Klik tombol Ajukan.
      KP3
    4. Keringanan yang sudah diajukan dapat dipantau di halaman ajuan keringanan. Halaman untuk memantau ajuan dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

KP4

Kapan ajuan keringanan bisa dilakukan

Ajuan Keringanan bisa dilakukan sesuai dengan jadwak yang sudah diedarkan oleh bagian kemahasiswaan.

Kapan harus melakukan Perpanjangan Studi

    • Untuk jenjang Sarjana perpanjangan mulai dilakukan pada semester sembilan.
    • Untuk jenjang Diploma III Perpanjangan dilakukan pada semester tujuh.
    • Untuk jenjang Sarjana Terapan/Diploma IV perpanjangan dilakukan pada semester sembilan

Apabila setelah menghabiskan perpanjangan studi tetapi belum bisa menyelesaikan Skripsi/Tugas Akhir apakah bisa menambah perpanjangan studi

Tidak bisa, silahkan mengajukan pengunduran diri untuk mendapatkan Capaian Hasil Studi dan Surat Keterangan.

Bagaimana prosedur pengunduran diri

  • Mengajukan lewat siakad di menu Pengajuan→Undur Diri→Ajukan Undur Diri→Isi Alasan Pengunduran Diri→Simpan→Cetak Surat Pernyataan

Apa Saja Persyaratan Pengunduran Diri

  1. Menyelesaikan seluruh administrasi.
  2. Mengajukan permohonan tertulis kepada rektor melalui Fakultas.
  3. Melampirkan Capaian Hasil Studi dari Fakultas
  4. Melampirkan bebas KOPMA, Laboratorium, dan Perpustakaan.

Bagaimana cara mengajukan penundaan pembayaran

Untuk melakukan penundaan pembayaran silahkan login di siakad mengajukan di menu Pengajuan → Penundaan →  diisikan alasan penundaan

kemudian mengumpulkan berkas persyaratan ke fakultas.

Kapan pembayaran penundaan

Pembayaran penundaan pertama dilakukan pada saat masa registrasi sebesar 50% dari total tagihan dan pembayaran kedua dilakukan maksimal sesuai dengan tanggal jatuh tempo pelunasan yang tertera pada surat keterangan penundaan pembayaran.

Tagihan berwarna kuning dan tidak bisa melakukan pembayaran di bank

Silahkan menghubungi akademik pusat (0271) 646994 ext 331/mengirimkan email ke akademik@mail.uns.ac.id dengan mencantumkan nama dan NIM.

Bagaimana cara mengurus KTM yang hilang

Mengajukan surat permohonan penggantian KTM di Fakultas kemudian ke akademik pusat untuk mencetak KTM yang baru.

Bagaimana cara mengurus Ijazah yang hilang/rusak

Membuat surat permohonan ke Fakultas untuk penggantian ijazah yang hilang/rusak.

Perbaikan data di PDDIKTI

Mengajukan surat permohonan perbaikan data PDDIKTI di Fakultas kemudian melengkapi Form di https://bit.ly/PDM-PDDIKTI